Jumat, 23 November 2012

Membuat bootable Windows 7


Yang dibutuhkan :
  1. Source Installer Windows 7. Kalau source Anda berbentuk DVD maka Anda butuhDVD ROM (bagi yang tidak punya bisa pinjam DVD ROM external ataupun pinjamlaptop/komputer teman yang DVD ROM-nya masih bagus, hehe..).  Kalau sourceAnda berbentuk ISO maka Anda tidak perlu DVD ROM lagi tentunya.
  2. Flashdisk minimal 4GB. Kalau Source Installer Windows 7 Anda sudah include ServicePack 1, kemungkinan 4G tidak cukup jadi Anda butuh UFD yang lebih besar. Dalamcontoh ini saya menggunakan UFD 8G.
  3. Cara ini hanya bisa dilakukan under Windows Vista atau Windows 7. Jadi jika OSyang sedang Anda gunakan adalah Windows XP maka Anda tidak bisa melakukan cara ini.
Langkah-langkah :
  1. Colokan Flashdisk. Pastikan data-datanya sudah dibackup karena selama proses nanti UFD akan diformat
  2. Buka command promt.
  3. Ketik DISKPART lalu tekan Enter.
  4. Ketik LIST DISK lalu tekan Enter.
  5. Perhatikan letak UFD Anda ada di Disk nomor berapa. Misalkan FD saya ada di Disk nomor 2. Sehingga selanjutnya ketik SELECT DISK 2,alu tekan Enter.
  6. Ketik CLEAN lalu tekan Enter.
  7. Ketik CREATE PARTITION PRIMARY lalu tekan Enter.
  8. Ketik SELECT PARTITION 1 lalu tekan Enter.
  9. Ketik ACTIVE lalu tekan Enter.
  10. Ketik FORMAT FS=NTFS lalu tekan Enter. Selanjutnya tunggu sampai prosesformat selesai 100%.
  11. Ketik ASSIGN lalu tekan Enter.
  12. Ketik EXIT lalu tekan ENTER. Sampai disini biarkan dulu window Command Prompt, jangan ditutup dulu karena nanti kita akan kembali ke sini lagi.
  13. Siapkan Source Installer Windows 7 Anda. Jika dalam bentuk DVD masukkan ke DVD ROM, jika dalam bentuk ISO segera mount dengan aplikasi virtual drive yang Anda punya.
  14. Perhatikan baik-baik direktori atau drive letter tempat Source Installer Windows 7 tersebut. misalkan punya saya ada di drive E.
  15. Kembalilah ke window Command Prompt lagi. Sekarang kita ingin masuk ke direktori tempat Source Installer Windows 7 tersebut (dalam contoh ini ada di driveE). Jadi ketik E: lalu tekan Enter.
  16. Ketik CD BOOT lalu tekan Enter.
  17. Perhatikan baik-baik drive FD Anda. Dalam contoh ini FD saya ada di drive I. Jadi ketikkanBOOTSECT /NT60 I: lalu tekan Enter (seumpama FD Anda ada di J, maka perintah yang harus diketik adalah BOOTSECT /NT60 J: ).
  18. Window Command Prompt sekarang sudah bisa ditutup. Selanjutnya tinggal meng-copy semua file yang ada di Source Installer Windows 7 ke FD Anda.
  19. Setelah selesai, FD instaler sudah bisa di gunakan :Dhttp://agungsuman3.blogspot.com/search/label/tips%20dan%20trik%20komputer

Posting Lebih Baru Beranda

0 komentar:

Posting Komentar