Sabtu, 24 November 2012

Belajar Bersama Bagaimana Menggunakan Android ADB Command untuk PUSH dan PULL.


Mari Belajar Bareng gan :),

-Mungkin beberapa dari agan disini ada yang lebih paham dan mengerti tentang proses pull & push via cmd. so,  tips ini diperuntukkan bagi pemula seperti saya :malu dan kita yang ingin memulai belajar membuat/memodifikasi theme/apk  for android devices.

-Kata-kata push & pull mungkin sering kita dengar disebagian besar tutorial. mari mempermudah mengartikan push and pull dengan bahasa sendiri.
1. push sama dengan mendorong, dilogikan mengoverwrite dari system diluar ke dalam device dengan berbagai peraturan (saya anggap sebagai setperm). Sehingga sensenya lebih halus terdengar dari pada overwrite.
2. pull sama dengan menarik, mungkin lebih bisa diartikan mengambil file dari dalam HH ke luar HH. jadi bukan move melainkan copy file.

- Push dan pull adalah 2 perintah yang sangat membantu  buat para pembuat theme yang bermain di framework-res.apk dan SystemUI.apk. (in another way push and pull dapat digantikan dengan membuat zip flash, atau dengan aplikasi lain, namun saya prefer menggunakan ini karena dasar ini sangat saya butuhkan)

- Istilah push and pull yang popular biasanya dibagi menjadi 2 :
 1. manual push and pull, yaitu melakukan push and pull dengan mencopy file dari luar ke dalam system target dengan terlebih dahulu mengatur set permission.
 2. adb  push and pull commandyaitu melakukan push and pull dengan perintah ADB command di CMD tanpa harus mengatur setperm (automatic)

Bagi sebagian orang, manual push and pull akan lebih mudah karena proses preparationnya gak seribet dengan adb push and pull command , Namun setelah anda mencoba membuat/memodifikasi suatu file, apk,zip dll yang ingin anda coba di device maka akan memerlukan berulang2 kali proses push, sehingga hasil yang kita edit di komputer sesuai dengan harapan kita saat running di device.

Namun, bagaimana jika kita mengedit berulang2 (seperti membuat theme) lalu ingin melihat hasil tanpa memiliki environment (emulator dsb)  selain di device kita sendiri?, no other wyas kecuali dengan push ke device langsung,  dengan demikian kita harus mengulangi langkah push manual yang berulang2, maka akan sungguh merepotkan, karena harus bergantian copy data, move to, set perm, reboot dll.

Maka dari itu, adb push command bagi saya yang harus melakukan push2 berulang akan sangat membantu karena kita hanya tinggal mengeset directory kompoter, lalu lakukan perintah command push berulang2 ke device hanya dengan perintah ketikan pada CMD.

Oleh karena itu bagi para pemula seperti saya yang ingin mempersingkat waktu editting, themming, dan mengefektifkan waktu push and pull file dari komputer ke device dan sebaliknya, sangat disarankan menggunakan perintah adb command.

Untuk belajar bersama, saya tidak mambahas tentang bagaimana menginstal atau mengaktifkan ADB command, karena banyak jalan menuju rhoma (eh Roma), silakan cari jalan supaya anda bisa mendapatkan ADB yang aktif dan works, beberapa cara yang saya tahu tetapi blm saya coba semuanya adalah dengan ADB full + JDK, ADB yang ada di software root superoneclick manager, dan ADB yang ada di aplikasi seperti apk manager atau apk changer ( belum semua saya coba).

Dalam hal ini saya sendiri menggunakan ADB command tool dari CMD yang works dengan terlebih dahulu menginstal SDK dan JDK.., okeh kita pass bagian ini, karena setting ADB sudah banyak tutorialnya.

1. Saya selalu mengawali command ADB dengan perintah ketik cd/ c:\newproject1 ;enter.
artinya, saya mengeset directory dari default ke directory folder di komputer yang saya inginkan untuk terlibat dalam proses pulldan push nantiya.

saya artikan dengan bahasa saya, semoga lebih mudah dimengerti
cd/ c:\newproject1 >>>  cd change directory; c:\ adalah kita mengarahkan ke drive C dikomputer kita, newproject1 adalah folder yang kita buat sendiri untuk menampung file hasil pull atau file yang ingin dipush, sebelum kita menjalankan command diatas.

sehingga nanti directory akan berubah menjadi C:\newproject1, nah bila folder newproject1 sudah jadi default folder, maka nanti urusan pull dan push file anda tempatkan semua di dalam folder ini.

2. Bila sudah demikian akan tampak
C:\newproject1\
biasanya saya akan lanjutkan dengan mengetes koneksi komputer saya terhadap devices dengan command ketik: adb devices   lalu  enter
maka bila device sudah properly connected maka akan muncul list of devices attached, yaitu device kita yang terhubung ke komputer.
Bila ini sudah siap maka kita sudah bisa melakukan command adb pull  dan push bertubi-tubi sesuai kemauan kita

3. Ok kita mulai dengan command pull, kita kasih contoh kita ingin mengambill file SystemUI.apk
ketik seperti ini: adb pull /system/app/SystemUI.apk lalu enter (teliti capital letternya ya gan)
mari kita terjemahkan dengan bahasa saya semoga dimngerti.
"adb pull" adalah perintah adb untuk mengcopy file dari dalam HH ke komputer.
"/system/app" adalah folder source dimana SystemUI.apk berada, silakan dicek dengan Root explorer, untuk directory sourcenya.
"SystemUI.apk" adalah file yang ingin kita tarik dari HH ke komputer (ke folder newproject1) tadi.
Bila sukses maka didalam folder newproject1 tersebut akan muncul SystemUI.apk yang dijamin identik dengan SystemUI.apk yang ada didalam system android anda.

4. bila sudah kita peroleh silakan treating si file yang kita pull tadi sesuai keinginan anda.

5. bila sudah selesai dan ingin mencoba hasil editan anda maka sekarang kita lanjutkan ke push
- pastikan file yang ingin dipush sudah ada didalam folder newproject1 tadi
- ketik adb push SystemUI.apk /system/app >>>>>>lalu enter
,mari kita terjemahkan lagi dengan bahasa saya, mudah2an bisa dimnegerti.
"adb push" adalah command push file dari dalam komputer ke dalam system android
" SystemUI.apk" adalah file yang ingin kita push ke system android kita.
"/system/app" adalah target folder wherein SystemUI harusny berada.

Nah..ulangi command2 diatas sehingga anda akan hapal command2 dengan sendirinya . Tips ini sangat berguna buat yang ingin membuat theme dengan command push dan pull berulang2 dan push dan  pull dari dan ke berbagai directory.

Terima kasih dah mau membaca sampai akhir. SELAMAT MENCOBA.
(Bagi yang sudah ahli dalam hal ini silakan edit doc ini sehingga sempurna)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar